Strategi & Sasaran

Sasaran dan strategi pencapaian visi misi program studi tertuang dalam Renstra 2017-2027 dan rencana kerja tahunan Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan SPs USU yang dalam penyusunannya merujuk dan memperhatikan renstra SPs dan renstra USU. Dari renstra Program Studi ini kemudian program studi menyusun program kerja tertulis tahunan selama 5 tahun dan terdokumentasi lengkap dan baik pada Program Studi.

Sasaran Program Studi

  1. Menghasilkan program pendidikan dan pengajaran, produk penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang ilmu pengelolaan sumberdaya alam dan lingkungan.
  2. Menghasilkan kegiatan belajar mengajar untuk pendidikan Magister yang menekankan pada proses berkualitas dalam bidang ilmu Pengelolaan Sumberdaya alam dan lingkungan.
  3. Menghasilkan lulusan Magister yang memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang lingkungan khususnya bidang manajemen lingkungan.
  4. Menghasilkan lulusan Magister yang mampu mengembangkan diri (self improvment) dalam karir sebagai seorang ilmuwan bidang pengelolaan lingkungan yang profesional.

Strategi Pencapaian

Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan dalam menjalankan misinya menetapkan dan melaksanakan strategi pencapaian yang realistik yakni :

  1. meningkatkan wawasan dan kualitas mahasiswa melalui kegiatan pelatihan, seminar, workshop, dan penulisan artikel pada jurnal terakreditasi nasional dan internasional.
  2. mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu yang meliputi aspek akademik dan non akademik
  3. Meningkatkan kualitas kompetensi lulusan.
  4. Mengusulkan penambahan infrastruktur pendukung seperti ruang kuliah, ruang kerja dosen, ruang rapat/seminar, ruang ujian.
  5. Mendorong peningkatan sumber daya manusia Program Studi.
  6. Penataan dan penyempurnaan proses pembelajaran.
  7. melakukan evaluasi kepuasan dosen, mahasiswa dan pengguna lulusan Program Studi Magister Pengelolaan Sumberdaya Alam dan Lingkungan SPs USU.
  8. Mewujudkan tata kelola menajerial berkualitas internasional.

Untuk mencapai target dan sasaran di atas, dilakukan berbagai kegiatan dengan tahapan-tahapan yang dianggap realistik dan terdokumentasi dengan baik. Dokumentasi kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan maupun panduan bagi Ketua dan sekretaris program studi dalam mencapai target dan sasaran yang ada.